Inilah 4 Manfaat Menulis di Blog bagi Mahasiswa yang Menarik untuk Diketahui

Inilah 4 Manfaat Menulis di Blog bagi Mahasiswa yang Menarik untuk Diketahui

Inilah 4 Manfaat Menulis di Blog bagi Mahasiswa yang Menarik untuk Diketahui

ESQ Business School – Seorang penulis buku terkenal dari Indonesia, Pramoedya Ananta Toer pernah berkata, “Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi, selama dia tidak menulis, dia akan hilang dari peradaban. Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” dari ungkapan beliau tersebut, bisa disimpulkan bahwa menulis memiliki makna untuk kehidupan, menulis dapat memberikan manfaat untuk orang lain, menulis juga dapat memberikan pengaruh yang luar biasa.

Lalu, di era digital seperti sekarang ini, menulis menjadi lebih menyenangkan karena adanya media (platform) seperti blog. Menulis bukan lagi pekerjaan untuk orang-orang di usia tua saja, tapi menulis sekarang ini menjadi kegiatan yang digandrungi oleh kaum muda. Banyak pula mahasiswa yang selain menjalankan aktivitasnya sehari-hari di kampus, mereka juga menulis. Baik itu menulis naskah buku atau menulis artikel di blog. Menurut beberapa referensi yang juga dilansir dari website ruangmahasiswa.com, ESQ Business School (EBS) merangkum 4 manfaat menulis di blog bagi mahasiswa yang menarik untuk diketahui. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Sebagai Catatan Online
    Dengan menulis di blog membuat catatan kita semakin mudah kita akses kapan saja dan di mana saja. Jadi kita bisa menulis catatan kuliah kita, tugas-tugas kita atau pun beragam catatan aktivitas yang kita lakukan sebagai mahasiswa. Dan menulis di blog, sejatinya pula kita tengah berbagai informasi kepada masyarakat, jadi tulislah tulisan yang bermanfaat bagi pembaca.Inilah 4 Manfaat Menulis di Blog bagi Mahasiswa yang Menarik untuk Diketahui
  1. Mengembangkan Aktualisasi Diri
    Sebagai mahasiswa, aktualisasi ilmu itu memang sangat perlu dilakukan. Jadi sangat penting bagi setiap mahasiswa untuk menulis ilmu yang didapatkan dari perkuliahan. Contohnya dengan menuliskannya lewat blog pribadi.
    Inilah 4 Manfaat Menulis di Blog bagi Mahasiswa yang Menarik untuk Diketahui
  1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan
    Adapun Salah satu keuntungan kita menulis di blog, selain artikel kita bisa dibaca oleh banyak orang, ternyata menulis di blog dapat menghasilkan tambahan berupa uang. Dengan mendapat penghasilan tambahan ini pastinya membantu biaya perkuliahanmu, kegiatan nge-blog juga bisa dilakukan kapan saja sebagai pekerjaan tambahan sehingga tidak terlalu menyita waktu.
    Inilah 4 Manfaat Menulis di Blog bagi Mahasiswa yang Menarik untuk Diketahui
  1. Menyalurkan Hobi
    Dengan menulis di blog, bagi mahasiswa setidaknya bisa menjadi sarana untuk menyalurkan hobi. Kamu bebas menuliskan apa saja di blog yang menurut kamu menarik. Seperti cerpen, puisi, atau juga artikel – artikel motivasi serta kamu juga bisa bercerita tentang pengalaman kamu sehari-hari. Asalkan tulisanmu bermanfaat dan mengandung nilai-nilai kebaikan, yakinlah pembaca blog kamu makin lama akan makin meningkat. Dan menulis di blog, sejatinya pula kita tengah berbagai informasi kepada masyarakat, jadi tulislah tulisan yang bermanfaat bagi pembaca, jangan menulis konten negatif ataupun konten yang bertendensi memicu pertikaian.

Semoga dengan berkegiatan yang positif seperti menulis blog dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat, dapat menjadikan para mahasiswa EBS generasi yang unggul, yang cerdas dalam hal lntelektual, spiritual, dan emosional sehingga selaras dengan visi ESQ Business School ke depannya untuk menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi