Inilah 4 Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang “Game Developer”

Inilah 4 Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang “Game Developer”

Inilah 4 Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang “Game Developer”

ESQ Business School – Indonesia yang dijuluki sebagai negeri kepulauan terbesar di dunia saat ini menjadi negara yang memiliki “gamer” atau pemain game terbanyak di dunia. Berdasarkan data yang dilansir dari situs newzoo.com, Indonesia memiliki jumlah gamer sebanyak lebih dari 43 juta pemain, di mana 56% didominasi oleh kaum laki-laki dengan rentang usia antara 21-35 tahun. Untuk itulah mengapa profesi Game Developer di era digital seperti sekarang ini, adalah profesi yang sangat menjanjikan untuk masa depan.

Game Developer dalam dunia ilmu teknologi itu sendiri adalah seorang Software Developer yang memiliki spesialiasasi dalam urusan pembuatan video game. Oleh karena itu, profesi seorang Game Developer biasanya diisi oleh orang-orang lulusan dari jurusan Ilmu Komputer atau Information Technology (IT).

Untuk itulah, karena profesi seorang game developer saat ini banyak dicari dan diminati, mereka yang ingin menjadi seorang Game Developer andal harus mempunyai skill dan kualitas yang mumpuni yang bisa bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Berikut ini ESQ Business School (EBS) merangkum 4 kualitas yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menggeluti profesi sebagai seorang Game Developer sebagaimana yang telah dilansir oleh situs https://glints.com yaitu sebagai berikut:

  1. Dalam Hal Pendidikan
    Poin ini nomor satu adalah dalam hal Pendidikan. Sebuah perusahaan yang mengembangkan video game, pastinya akan memilih para Game Developer yang terbaik untuk dapat bekerja di perusahaan mereka. Untuk itulah biasanya persyaratan menjadi seorang Game Developer adalah seorang Sarjana lulusan dari program studi Ilmu Komputer dan/atau Teknologi Informatika. Karena mereka mempunyai basic ilmu untuk menjadi seorang Game Developer. Pengalaman dalam bidang berbagai bahasa pemrograman juga menjadi suatu andil para perusahaan untuk memilih kandidat pelamar yang akan diterima untuk bekerja di perusahaan mereka. Selain nilai yang cemerlang, skill pun juga akan sangat mempengaruhi bagi para pelamar pekerjaan.Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia, Kampus Bisnis Terbaik di Indonesia, Sekolah Bisnis Terbaik
  1. Dalam Hal Komunikasi
    Memiliki keahlian dalam hal komunikasi tak hanya harus dimiliki oleh orang-orang yang kuliah di jurusan ilmu komunikasi atau ilmu sosial saja, tapi keahlian ini juga wajib dimiliki oleh semua profesi, seperti profesi Game Developer ini. Seorang Game Developer ini juga harus cakap berkomunikasi dengan atasan dan juga klien mereka. Selama proses pengembangan game, seorang Game Developer dengan quality assurance (QA) tester, yaitu seorang yang bertugas menguji game hingga ke bagian detil untuk mengusulkan perbaikan kepada perusahaan pengembang. Dan juga, seorang Game Developer harus terbuka ketika menerima kritik dan saran.
  1. Dalam Hal Kreativitas
    Seorang game developer itu juga harus memiliki kualitas dari segi kreativitas. Karena tugas utama dari seorang Game Developer ini adalah untuk   merancang, membuat, dan menghidupkan sebuah dunia virtual baru yang penuh dengan strategi, intrik, dan animasi visual. Selain komponen membuat cerita dalam sebuah game yang dibuat, komponen lain yang harus diperhatikan oleh Game Developer adalah dalam hal tokoh dan karakter, karakter utama yang atraktif akan biasanya akan menjadi daya tarik. Tapi, tak hanya berhenti untuk memiliki kreativitas dalam segi membuat cerita dan karakter tokoh saja, tapi juga harus kreatif dalam hal desain sebuah video game seperti warna, tekstur, latar belakang lingkungan, dan sebagainya.
    Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia, Kampus Bisnis Terbaik di Indonesia, Sekolah Bisnis Terbaik
  1. Dalam Hal Menyukai Game
    Apakah menjadi seorang Game Developer harus memiliki minat yang tinggi terhadap dunia game? Apakah menjadi seorang Game Developer harus menyukai bermain game? Jawabannya tentu ya. Karena bekerja menjadi seorang Game Developer memang bukanlah pekerjaan yang bisa cocok dengan semua orang, seperti laiknya pekerjaan menulis atau mendesain grafis yang tidak semua orang cocok menggelutinya. Pekerjaan menjadi seorang Game Developer ini memiliki tekanan deadline yang tinggi, menuntut kesempurnaan dan improvement yang berkelanjutan. Jika bermain game sudah menjadi sebuah hobi, maka akan lebih menikmati setiap aktivitas, tugas, dan bahkan tekanan yang kamu hadapi sehari-hari sebagai seorang game developer.
    Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia, Kampus Bisnis Terbaik di Indonesia, Sekolah Bisnis Terbaik

ESQ Business School (EBS) yang memiliki visi sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia, di mana saat ini, dalam Program Studi Ilmu Komputer menyelenggarakan pendidikan untuk mahasiswa yang memiliki peminatan khusus di bidang Creative Multimedia dan Game Technology. Jika kamu adalah seorang yang kreatif, mengapa tidak mengubah hobimu menjadi karir yang cemerlang? Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menggali potensi kamu sebagai Game Developer! Jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti tes gelombang 2 untuk program studi Ilmu Komputer di ESQ Business School pada tanggal 26 Januari 2019, ya!

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi