Inilah 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Oleh Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

Inilah 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Oleh Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

Inilah 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Oleh Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

ESQ Business School – Setelah lulus dari bangku kuliah, bukan berarti permasalhan hidup kita telah selesai begitu saja. Memang betul, sejatinya kita sudah bebas dari menulis skripsi, menyelesaikan tugas-tugas dari dosen, ataupun jadwal perkuliahan. Tapi justru setelah lulus kuliah itu adalah saatnya kita untuk terjun di dunia nyata, kehidupan yang sesungguhnya. Baik itu dalam mencari kerja ataupun membuka lapangan kerja. Lalu, apa saja hal penting yang harus diperhatikan oleh mahasiswa setelah lulus kuliah? ESQ Business School (EBS) merangkumnya dalam 3 hal  penting yang telah dilansir dari situs blog.ruangguru.com, simak ulasannya berikut ini:

  1. Revisi CV
    Setelah lulus kuliah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki atau melakukan update curriculum vitae. Isilah CV kamu dengan kegiatan-kegiatan yang sudah pernah kamu lakukan selama kuliah, seperti ketika mendapatkan pengalaman organisasi, kursus keterampilan, atau kerja paruh waktu. karena meng-upgrade CV bisa dibilang sangat perlu sekali, mengingat ketika kamu ingin melamar pekerjaan setelah lulus kuliah nanti, maka keberadaan CV sangat menentukan kualitas kamu untuk “dilirik” oleh perusahaan-perusahaan ternama. maka dari itu, penting sekali memperbanyak mengikuti kegiatan organisasi di dunia perkuliahan, agar tak hanya hard skill yang didapatkan ketika duduk di bangku kuliah, tapi juga soft skill yang akan didapatkan.
    Inilah 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah
  1. Manfaatkan Waktu Luang dengan Meningkatkan Kemampuan (Skill)
    Meningkatkan skill tidak hanya dengan pendidikan formal saja, lho. Kamu bisa juga melakukan cara untuk meningkatkan skill dengan memperbanyak kursus seperti: Public speaking, personal branding, Microsoft Excel dan Power Point, dan masih banyak lagi. Di era digital seperti sekarang ini, melakukan kursus juga bisa dilakukan di rumah, lewat grup online di whatsapp ataupun  lewat Webinar (Seminar di web). jangan pernah lelah untuk terus meningkatkan kemampuan (skill) karena itu akan sangat berguna untuk masa depanmu. Kamudahan akses internet yang tersedia di era digital seperti sekarang ini, hendaknya kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan (skill).
  1. Memperbanyak Koneksi
    Koneksi yang banyak sangat penting untuk kesuksesan karier kamu ketika di dunia kerja. hubungan kamu dengan teman-teman kampus ataupun dosen dengan baik. Karena bisa jadi teman-teman yang satu kampus dengan kita itulah yang paling banyak memberikan koneksi, perlu juga untuk bergaul dengan orang-orang baru yang akan menambah koneksi. Perbanyaklah untuk menjalin silaturrahim, agar rezeki semakin terbuka luas. Karena rezeki bukan hanya berupa materi, tetapi kemudahan, kesempatan, dan bertemu dengan hal-hal baik itu juga merupakan rezeki dari Sang Pencipta, Allah SWT.
    Inilah 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

***

Semoga dengan artikel di atas, dapat memberikan insight bagi para mahasiswa EBS yang baru lulus kuliah agar mendapatkan gambaran yang jelas mengenai apa yang harus dilakukannya. Dan semoga juga ke depannya EBS menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia sesuai dengan visinya.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi