Ingin Meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di Bangku Kuliah? Cek 5 Tips Berikut yang Layak Kamu Coba!

Ingin Meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di Bangku Kuliah? Cek 5 Tips Berikut yang Layak Kamu Coba!

Ingin Meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di Bangku Kuliah? Cek 5 Tips Berikut yang Layak Kamu Coba!

ESQ Business School – Berbicara tentang Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi mahasiswa di dunia perkuliahan memang menjadi topik yang cukup penting. IPK ibarat menjadi separuh nyawa bagi mahasiswa, karena dari IPK bisa menjadi bukti pada orangtua kalau kita benar-benar serius dan niat untuk kuliah, bisa juga sebagai ajang prestasi bagi tiap-tiap pribadi mahasiswa. Tentunya sebagai mahasiswa akan sangat merasa bahagia dan bangga apabila melihat IPK-nya tinggi sesuai dengan yang diharapkan.

Tak jarang, banyak mahasiswa yang bersedih apabila di semester ini mengalami penurunan IPK daripada semester-semester sebelumnya. Lantas, bagaimana cara meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi mahasiswa? Tenang, ESQ Business School (EBS) telah merangkumnya dari berbagai sumber, salah satunya dari situs Wikihow berikut ini:

  1. Temukan Cara Belajar yang Kamu Sukai

Masing-masing orang punya cara belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi diri sendiri untuk menemukan cara belajar yang cocok. Caranya, bisa dengan merekam saat dosen sedang mengajar di kelas, atau membuat catatan kuliah dengan tulisan-tulisan dan warna-warna yang menarik, atau bahkan kamu juga bisa mengadakan sesi belajar bersama teman. Semua hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan asalkan hasilnya signifikan untuk membantumu belajar.

  1. Temukan Tempat Belajar yang Kamu Sukai
    Ingin Meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di Bangku Kuliah? Cek 5 Tips Berikut yang Layak Kamu Coba!

Selain menemukan cara belajar, penting juga untuk menemukan tempat belajar yang kamu sukai. Belajar di tempat yang berisik tidak akan membantu kamu memperbaiki IPK. Untuk itu, kamu membutuhkan tempat yang tenang dan tempat yang bisa dinikmati untuk belajar selama berjam-jam tanpa terus-terusan mengecek jam atau mengecek smartphone-mu.

  1. Lakukan Tinjauan pada Matakuliah yang Sudah Dipelajari

Melakukan tinjauan pada matakuliah yang sudah dipelajari, bagaiamana caranya? Caranya adalah setiap minggunya, sisihkan waktu untuk meninjau ulang kembali matakuliah yang telah kamu ikuti selama seminggu. Duduklah di meja belajar yang rapi dan bersih, tenangkan pikiran. Mulailah kembali mengingat-ingat matakuliah yang didapat selama seminggu. Fokuslah dan berikan waktu ekstra untuk meninjau bagian-bagian yang tidak kamu ingat dan tandai bagian-bagian yang telah kamu ingat. Cara ini akan sangat efektif untuk meningkatkan IPK-mu. Setelah itu, jangan lupa lihat kembali silabus pelajaranmu dan coba dicek juga apa yang akan kamu pelajari di minggu depan.

  1. Beristirahat di Sela-sela Waktu Ketika Kamu Belajar

Menurut penelitian dari para pakar, otak dan pikiran kita akan jenuh dan tidak akan memproses informasi dengan optimal jika kita tidak beristirahat. Untuk itulah idelanya, kita disarankan belajar 50 menit dan beristirahat 10 menit. Dengan begitu, otak kita akan dapat beristirahat, dan dengan begitu juga memberikan waktu bagi otak untuk memproses informasi yang telah dipelajari.

  1. Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS) dalam Belajar

Nomor 5 yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa jika esok harinya akan ada ujian yakni belajar dengan Teknik Sistem Kebut Semalam (SKS). Studi menyatakan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang menerapkan cara ini dan tidak tidur dengan waktu yang cukup akan mengakibatkan mereka mendapatkan hasil ujian yang kurang baik dibandingkan mahasiswa yang belajar lebih sedikit namun tidurnya lebih cukup.

***

Namun yang harus diperhatikan pula dari kelima cara di atas adalah, untuk meningkatkan IPK adalah dengan rajin mengikuti perkuliahan di kelas, jangan sampai absen jika memang tidak dalam kondisi yang penting atau kondisi sakit, jangan malu bertanya pada dosen terhadap hal yang kurang dimengerti, serta selalu rajin untuk mengevaluasi diri agar ke depannya semakin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi