Ingin Berhasil di Dunia Bisnis Startup? Cek 3 Ide Cemerlang ini yang Membantu Kamu Mewujudkannya

Ingin Berhasil di Dunia Bisnis Startup? Cek 3 Ide Cemerlang ini yang Membantu Kamu Mewujudkannya!

Ingin Berhasil di Dunia Bisnis Startup? Cek 3 Ide Cemerlang ini yang Membantu Kamu Mewujudkannya!

ESQ Business School –   Usaha rintisan alias startup tengah menjadi primadona di kalangan anak muda. Seiring perkembangan zaman dimana teknologi mengontrol hampir segala aspek kehidupan manusia. Perannya saat ini sangat vital mengingat kebutuhan masyarakat tentang teknologi bertambah dan berjalan terus, seakan-akan teknologi tidak ada habisnya. Keadaan ini dapat juga di sebut VUCA Era, Vuca merupakan singkatan dari Volatility, Uncertainty, Compelexity, dan Ambiguity.  Era ini menekankan bagi para pebisnis dan pengusaha  agar  dapat terus konsisten dalam dalam hal bisnisnya

Di era VUCA, kita perlu men-setting mindset agar terus berinovasi, supaya tidak dikalahkan oleh teknologi yang kian berubah dan serba tidak pasti. Era VUCA adalah zaman dimana semua hal tidak dapat diprediksi ataupun ditebak. Bahkan hal hal yang tidak mungkin, bisa menjadi hal yang sangat memungkinkan. Dewasa ini kita bisa melihat di mana semua hal saling berkaitan dengan dunia digital, di mana dunia digital mempermudah segala urusan seseorang bahkan sekarang, hanya lewat genggaman tangan saja, seseorang sudah mampu terkoneksi dengan dunia luar.

Sekarang ini pula kita sudah memasuki era VUCA di mana saat ini dunia bisnis mengalami keadaan yang penuh gejolak (Volatillity), tidak pasti (Uncertainty), rumit (Complexity), dan serba tidak jelas (Ambiguity) yang ditandai dengan perkembangan yang begitu cepat di segala aspek yang berdampak pada disrupsi atau perubahan dalam dunia bisnis, contohnya metode transaksi yang sudah menjadi lebih mudah dengan adanya e-Toll, GO-PAY, T-CASH, dan OVO.

Dalam hal ini ESQ Business School (EBS) bersama Program Studi Sistem Infromasi yang memiliki konsentrasi Digital Startup, menerapkan kepada mahasiswanya sistem belajar dengan metode Spiritualitas, Kreativitas dan Intelektualitas (SKI). Tujuannya cukup jelas, yaitu berani menghadapi masalah besar lalu diperkecil dan diselesaikan.SKI membantu calon pebisnis untuk itu, perencanaan dan strategi dipelukan sebelum membangun usaha. Terutama membangun startup. ESQ Business School (EBS) merangkum 3 Ide Cemerlang untuk membantu mewujudkan bisnis startup di usia muda, simak ulasannya berikut ini:

  1. Website
    komponen terpenting dalam membangun startup. Terutama bagi startup-startup di Indonesia yang menggunakan website sebagai media aplikasi, promosi, analisis, dan juga kegiatan digital lainnya.
  2. Bahasa Pemograman
    Selain sebagai dasar membuat suatu program, bahasa pemograman dapat melatih critical thinking kita dalam membreak down permasalahan yang besar menjadi lebih kecil dan terselesaikan. Bahasa pemograman sangat dibutuhkan bagi startup dalam mengembangkan sebuah aplikasi dengan teknik-teknik pemograman.
  3. Menghadiri “Startup Challenge” atau Seminar Teknologi Startup
    Dengan menghadiri acara kompetisi atau berpatisipasi didalamnya, pengetahuan kita tentang dunia startup akan berkembang. Banyaknya ilmu yang dapat diserap dalam kompetisi ataupun seminar teknologi startup dapat mengasah kreativitas kita dalam menciptakan trobosan-trobosan baru.

Mahasiswa EBS angkatan ke-3 yang bernama Iqbal Adinara dan Diara Adnin adalah potret sukses mendirikan startup di usia muda. Iqbal Adinara yang mendirikan “Replay Sport” dan Diara Adnin yang mendirikan “Pandora’s Box.” EBS bersama program studi Sistem Informasi terus mengembangkan kurikulum terkait dunia teknologi ini, selain itu materi pendidikan karakter tetap prioritas bagi seluruh mahasiswa agar lulusan EBS tidak hanya handal dalam dunia teknologi saja, melainkan handal dalam karakter diri dan akhlak mulia. Hal ini sejalan dengan visi yang dimiliki EBS yaitu menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

 

Open chat
Ada yang bisa Kami bantu?