ESQ BUSINESS SCHOOL - INDONESIA BUTUH CALON PEMIMPIN BERKARAKTER. ESQ BUSINESS SCHOOL UPAYA LAHIRKAN LULUSANNYA

Indonesia Butuh Calon Pemimpin Berkarakter. ESQ Business School Upaya Lahirkan Lulusannya.

Indonesia butuh calon pemimpin berkarakter. ESQ Business School upaya lahirkan lulusannya.

ESQ Business School – Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alamnya. Tak terhitung berapa banyak kandungan tambang dan mineral yang ada di perut bumi negeri ini. Disamping itu, jumlah penduduk Indonesia termasuk 4 besar negara dengan penduduk terbanyak di dunia, setelah China, India dan Amerika, dengan jumlah 255 juta penduduk. Bandingkan dengan negara tetangga Malaysia yang berjumlah 31 juta penduduk atau Singapura yang berjumlah 5,5 juta penduduk.

 

Dengan potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) sebesar itu, Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu memanfaatkan kedua sumber daya tersebut untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia.

 

Pemimpin masa depan yang dibutuhkan adalah Pemimpin yang memiliki karakter unggul, bukan hanya sekedar Pemimpin yang punya dukungan modal besar tapi tidak memiliki karakter. Jika sebuah bangsa dipimpin oleh Pemimpin yang hanya cerdas atau bermodal dana besar saja tanpa memiliki karakter, maka kepemimpinannya hanya digunakan untuk kepentingan pribadi atau golongannya saja.

 

Sedangkan pemimpin yang berkarakter, maka ia akan membawa kemakmuran untuk seluruh rakyatnya. Karakter tersebut harus ditanam sejak dini di dalam jiwa-jiwa generasi muda kita saat ini. Agar ketika mereka tumbuh dan besar menjadi seorang pemimpin, karakter unggul itu telah menjadi darah daging di dalam jiwa mereka. Mereka akan tumbuh menjadi pemimpin yang berorientasi kepada kesejahteraan rakyat dengan tetap berdiri tegak di antara bangsa-bangsa berdaulat di dunia!

 

Karakter seperti apa yang perlu ditanamkan pada generasi muda kita saat ini ? Ada banyak karakter unggul yang diperlukan untuk mempersiapkan calon pemimpin berkarakter. Di ESQ Business School, penanaman karakter dirumuskan dalam “5 Values ESQ Business School” atau 5 nilai ESQ Business School.

 

Lima nilai ESQ Business School tersebut adalah Integrity, Passion, Creativity, Humility dan Professionalism. Integrity berarti memegang kejujuran. Passion berarti penuh semangat dalam berkarya sesuai minat. Creativity berarti penuh daya cipta dalam berkreasi. Humility berarti meskipun engkau berprestasi tetaplah rendah hati, jangan sombong atau tinggi hati. Dan Professionalism berarti memiliki kemampuan mengerjakan sesuatu dengan hasil yang efektif dan efisien.

 

Kelima nilai ini ditanamkan kepada mahasiswa ESQ Business School dengan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah para mahasiswa dan dosen membaca lima nilai ini dengan suara lantang di awal perkuliahan. Dan ini diulangi di setiap hari. Proses afirmasi yang dilakukan secara berulang-ulang ini adalah bagian dari proses internalisasi lima nilai diatas kepada mahasiswa ESQ Business School.

 

Selain proses afirmasi tersebut, masih banyak lagi metode penanaman karakter lainnya yang dilakukan dalam proses pembelajaran di ESQ Business School, diantaranya Training ESQ dari tahap Basic hingga tahap terakhir Total Action, Training Quantum Excellence, Mata Kuliah Karakter di setiap semester serta beberapa program pembentukan karakter lainnya.

 

Selain itu, penanaman karakter juga ditanamkan dengan membangun lingkungan belajar dan ibadah yang kondusif. Mahasiswa harus dibangun keshalehan ilmu dan amal. Disamping mahasiswa menjalani rutinitas kuliah, mahasiswa juga harus menjaga ibadah shalat mereka, membaca dan menghapal Al Qur’an serta membangun kepedulian sosial kepada sesama.

 

Inilah upaya-upaya yang dilakukan ESQ Business School sebagai Sekolah Bisnis Terbaik Di Indonesia untuk mempersiapkan lulusannya menjadi calon pemimpin berkarakter yang dibutuhkan Indonesia di masa depan.