Alice - ESQ Business School - Sekolah Bisnis Terbaik Di Indonesia

Fungsi Alice Untuk Object Oriented Programming

Fungsi Alice Untuk Object Oriented Programming

ESQ Business School – Object Oriented Programming (OOP) adalah salah satu paradigma bahasa pemrograman dengan konsep manipulasi obyek. Dengan paradigma ini, program dibuat dengan membuat obyek-obyek saling berinteraksi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Untuk mempermudah mempelajari paradigma ini, dibuatlah sebuah aplikasi lingkungan 3D yang inovatif yang dinamakan Alice. Aplikasi ini mempermudah pengguna untuk belajar konsep-konsep pemrograman dengan membuat Animasi 3D untuk story telling, atau membuat game interaktif sederhana serta membuat video yang di share di internet.
Cara belajar dengan bantuan software Alice ini membantu pengguna dalam memahami konsep-konsep OOP dengan cara yang menyenangkan sehingga menimbulkan motivasi untuk belajar lebih lanjut. Mempelajari pembuatan program yang bersifat abstract biasanya menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pelajar. Dengan Alice, proses pemrograman di-visual-kan dengan membuat animasi dan game sederhana dalam lingkungan 3D.
ESQ Business School mengadopsi kurikulum Oracle Academy terkait dengan pembelajaran Bahasa Pemrograman dengan paradigma Object Oriented ini. Dalam kurikulum ini salah satu langkah pertama dalam mempelajari konsep-konsep OOP, proses pembelajaran menggunakan bantuan software Alice, untuk memberikan pendahuluan yang menyenangkan bagi para pelajar.

 

Penulis: Abdul Barir Hakim, M.Kom – Dosen Prodi Sistem Informasi ESQ Business School