Apakah ESQ Business School itu?

ESQ Business School adalah Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer yang didirikan oleh Dr. (HC) Ary Ginanjar Agustian (Pendiri ESQ Leadership Center) bersama Prof. Ir. H. Surna Tjahja Djajadiningrat, MSc., Ph.D. (alm) salah satu Pendiri SBM ITB. Cita-cita ESQ Business School adalah mencetak sarjana berkarakter dan profesional, sebagai calon pemimpin masa depan yang mewujudkan Indonesia Emas.

 

Program studi apa saja yang terdapat pada kampus ESQ Business School?

ESQ Business School menyelenggarakan pendidikan jenjang Sarjana (S1), dengan dua program studi yaitu Manajemen Bisnis dan Sistem Informasi Bisnis.

 

Apa keunggulan ESQ Business School?

ESQ Business School memiliki keunggulan antara lain :

  1. Kurikulum berbasis pendidikan karakter yang terintegrasi dalam bentuk mata kuliah maupun metode pembelajaran serta interaksi antara civitas akademika.
  2. Memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai perusahaan yang siap untuk menerima para lulusan maupun sebagai pemberi beasiswa.
  3. Program pengembangan kewirausahaan untuk mempersiapkan para mahasiwa dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan sebagai seorang wirausahawan sukses.
  4. Program pengembangan karir untuk mempersiapkan para mahasiswa agar diterima di perusahaan yang diidamkan.
  5. Kampus berlokasi di pusat bisnis Jakarta Selatan, sehingga sejak awal mahasiswa sudah terbiasa dengan suasana perkantoran.
  6. Para pengajar yang profesional dan praktisi di bidangnya, sehingga mahasiswa mendapatkan wawasan bukan hanya dari aspek teori namun juga praktek.
  7. Memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi.

 

Di mana lokasi kampus ESQ Business School?

Kampus ESQ Business School berada di lantai 18 dan 19, Gedung Menara 165, Jl. TB Simatupang Kav. 1 Jakarta Selatan.

 

Dari mana saja dosen-dosen ESQ Business School?

Dosen-dosen ESQ Business School terdiri dari dosen-dosen lulusan UI, ITB, Universitas-Universitas luar negeri dan juga didukung oleh praktisi yang kompeten di bidangnya.

 

Fasilitas apa yang dimiliki oleh kampus ESQ Business School?

  1. Ruang kuliah dengan kapasitas 30 orang yang dilengkapi dengan LCD, notebook, Sound System, Glass Board, Air Conditioner (AC) dan akses internet.
  2. Laboratorium komputer, yang dilengkapi komputer, koneksi berkecepatan tinggi, LCD, Sound System, Glass Board dan Air Conditioner (AC).
  3. Perpustakaan, dilengkapi dengan buku-buku wajib perkuliahan, E-jurnal, jurnal dan buku penunjang lainnya.
  4. Musholla dan Masjid Ar-Rahim di puncak Menara 165.
  5. Ruang auditorium berkapasitas 120 orang.

 

Tes seleksi masuknya meliputi apa saja?

  1. Tes Potensi Akademik
  2. Tes Bahasa Inggris
  3. Psikotest
  4. Wawancara (jika diperlukan)

 

Berapa biaya untuk mengikuti tes masuk?

Biaya untuk tes masuk adalah Rp 200.000.

 

Berapa biaya kuliah yang harus dibayarkan?

Ada 3 komponen biaya kuliah di ESQ Business School, yaitu :

  1. Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) sebesar Rp 30.000.000 (dibayar 1 kali). Untuk pendaftaran lebih awal akan mendapat potongan.
  2. Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 8.000.000 (dibayar setiap semester).
  3. Biaya SKS sebesar Rp 400.000 (semester 1 = 20 SKS).

 

Biaya apa saja yang harus dipersiapkan di semester pertama?

Setelah dinyatakan lulus maka mahasiswa perlu mempersiapkan :

 

Kapan seluruh biaya tersebut harus dilunasi?

Setelah dinyatakan lulus maka mahasiswa wajib segera membayar BOP dan Biaya SKS. Sedangkan BPP dapat dibayarkan langsung secara keseluruhan atau melalui pengajuan cicilan selama 4 bulan.

 

Apa manfaat utama studi di ESQ Business School ?

Manfaat studi di ESQ Business School lebih besar daripada investasi biaya kuliah. Manfaat tersebut meliputi :

  1. Dibekali karakter unggul untuk mampu bersaing secara profesional. Pengajaran di ESQ Business School menerapkan metode SKI (Spiritual, Kreativitas dan Intelektual) yang menggabungkan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual).
  2. Mampu mendirikan dan mengelola bisnis
    Selain pendidikan karakter yang dikedepankan dalam pengajaran, sebagai sekolah bisnis, ESQ Business School mempersiapkan lulusannya untuk mampu mendirikan dan mengelola bisnis melalui mata kuliah Business Creation dan Anchor Project.
  3. Memiliki jejaring dengan perusahaan mitra dan Grup Usaha ESQ
    ESQ telah memiliki pengalaman selama 13 tahun dalam menyelenggarakan pelatihan pembentukan karakter baik untuk umum maupun kerjasama dengan perusahaan. Disamping itu ESQ Group memiliki 12 anak usaha mulai dari bidang pendidikan, pelatihan, konsultan, travel, production house, merchandise dan property. Lulusan dapat memanfaatkan jaringan tersebut untuk berkarir secara profesioanal maupun sebagai wirausahawan.
  4. Menyelesaikan 4 tingkat Training ESQ (Basic, MCB & SSC, Total Action)
    Setiap lulusan ESQ Business School dipastikan telah mengikuti keempat tingkat Training ESQ sebagai dasar pembentukan karakter mereka di masa depan.
  5. Dapat mengupgrade diri untuk menjadi konsultan Corporate Culture Transformation
    Dengan bekal yang telah diberikan selama 4 tahun, lulusan ESQ Business School dapat meningkatkan kemampuannya untuk menjadi konsultan di bidang Budaya Perusahaan.

 

Apakah ada kerjasama dengan bank untuk pembiayaan kuliah ?

Kami menyediakan solusi dari biaya kuliah dengan menyediakan beasiswa atau pinjaman ringan bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri.

 

Bagaimana kurikulum yang diterapkan oleh ESQ Business School ?

ESQ Business School mengacu pada kurikulum standar yang ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Nasional dan diperkuat oleh mata kuliah-mata kuliah pendidikan karakter. Selain itu, metode pembelajaran dan interaksi yang dibangun di dalam civitas akademika ESQ Business School juga mendukung proses pembangunan karakter tersebut. ESQ Business School juga memperkuat kurikulumnya dengan keterampilan praktis sehingga para lulusan siap untuk bekerja sebagai profesional atau menjadi wirausahawan.

 

Gelar apa yang akan didapat oleh para lulusan ESQ Business School?

Untuk lulusan program studi Manajemen Bisnis maka gelar yang diberikan adalah S.Mn sedangkan untuk lulusan program studi Sistem Informasi Bisnis adalah S.Kom.

 

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk lulus?

Kurikulum di ESQ Business School dirancang bagi mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya selama 8 semester (4 Tahun).

 

Berapa SKS yang wajib ditempuh?

Untuk Program Studi Manajemen Bisnis total 149 SKS sedangkan bagi Program Studi Sistem Informasi Bisnis total 150 SKS.

 

Bahasa pengantar apa yang digunakan?

Selama semester 1 s/d 4 bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan mulai di semester 5 s/d 8 bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

 

Bagaimana status ESQ Business School?

Statusnya sudah diberikan ijin operasional, dan dalam proses akreditasi. Saat mahasiswa angkatan pertama lulus di tahun 2017 dapat dipastikan bahwa statusnya sudah TERAKREDITASI.

 

Apakah ESQ Business School memiliki program beasiswa?

ESQ Business School memiliki program Beasiswa Generasi Emas yang tersedia bagi calon mahasiswa berprestasi, aktif dalam kegiatan organisasi dan memiliki minat kuat dalam pengembangan bisnis.

Beasiswa ESQ Business School merupakan beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Ary Ginanjar Agustian, donatur dari perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan ESQ, dan para Alumni Training ESQ diperuntukan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan dari segi finansial.

Persyaratan :

  1. Lulus tes masuk yang diselenggarakan oleh ESQ Business School.
  2. Memiliki catatan prestasi terbaik di sekolah, minimum ranking 5.
  3. Nilai rata-rata raport minimal 8.
  4. Aktif dalam kegiatan organisasi, ekskul dan kepanitiaan di atau luar sekolah.
  5. Mengikuti rangkaian seleksi khusus, yang terdiri dari seleksi: tes tulis, psikotest, wawancara, kunjungan ke rumah/sekolah.

 

Apakah ESQ Business School menyediakan asrama/pemondokan?

ESQ Business School tidak menyediakan asrama saat ini, namun kami menyediakan informasi tempat kost di sekitar Menara 165. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui telepon, surat elektronik (surel) ataupun social media.

 

Apakah ESQ Business School menyediakan course catalog?

ESQ Business School menyediakan course catalog yang bisa diakses melalui situs ESQ Business School di www.esqbs.ac.id pada laman berikut ini:

  1. Manajemen Bisnis
  2. Sistem Informasi Bisnis

 

Apakah yang dimaksud dengan pernyataan ESQ Business School sudah sesuai dengan standar kurikulum internasional (AACSB, EQUIS, ACM dan AIS)?

Sebelum menjawab pertanyaannya, akan dijelaskan mengenai 4 (empat) organisasi yang disebutkan tersebut:

AACSB = The Association to Advance Collegiate Schools of Business, adalah sebuah organisasi global, nirlaba untuk institusi pendidikan tinggi khususnya bidang sekolah bisnis melalui proses akreditasi. Website resminya ada di www.aacsb.edu.

EQUIS = The European Quality Improvement System, adalah sebuah organisasi global, nirlaba mengenai akreditasi sekolah. Dimana mereka dikhususkan untuk institusi pendidikan tinggi. Organisasi ini dikelola dan dijalankan oleh the European Foundation for Management Development (EFMD). Website resminya ada di www.efmd.org.

ACM = Association for Computing Machinery, adalah sebuah organisasi global, nirlaba bagi para ahli-ahli ataupun profesional di bidang komputer, memberikan pengajaran komputer sebagai ilmu tingkat lanjut baik sebagai ilmu pengetahuan maupun profesi; memberikan ruang untuk pengembangan secara profesional, serta melakukan riset mengenainya. Website resminya ada di www.acm.org.

AIS = Association for Information Systems, adalah sebuah organisasi globa, nirlaba, yang mewadahi para profesional di bidang sistem informasi bisnis, serta selalu mempromosikan ilmu tersebut menjadi yang terbaik, dan juga mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Website resminya ada di www.aisnet.org.

Berdasarkan dari penjelasan mengenai singkatan tersebut diatas, dapat dilihat bahwa itu adalah nama-nama lembaga penjaminan mutu di bidang pendidikan tinggi untuk Sekolah Bisnis maupun Sekolah Sistem Informasi Bisnis.

Oleh karenanya, pernyataan tersebut diatas dimaksudkan bahwa kurikulum yang ada di program Manajemen Bisnis dan Sistem Informasi Bisnis dari ESQ Business School, dibuat mengacu pada standar kurikulum badan-badan organisasi internasional tersebut.

Sehingga, ketika para lulusan ESQ Business School berniat untuk melanjutkan pendidikan tingginya, S2 dan seterusnya di luar negeri, maka tidak diperlukan lagi penyesuaian.

Facebook