Easy Life with Google | Calendar | 1

Waktu menunjukkan pukul 14:20 di sudut selatan Jakarta yang sedang terik-teriknya.

“Waduh!!! Koq aku lupa ya kalau ada jadwal ketemu rekan bisnis di Ancol jam 14:05 WIB yaa? Padahal kemaren-kemaren sudah aku catat dengan rapi di bukuku yang ini. Koq masih bisa kelewat ya… Haduuuhhh gimana ini ya?”

Atau

“Rasanya surat undangannya itu sudah kutandai loh… Tapi tepatnya jam berapa ya? Wadaow… Padahal sudah sore nie… Rasanya aku janjiannya siang tadi deee… OMG….” *wajahberubahjadipucatpasi*

Ilustrasi kejadian di atas, mungkin pernah menimpa kita di suatu masa. Padahal itu adalah salah satu pertemuan penting yang harus kita lakukan dengan rekan bisnis untuk bisa meningkatkan bisnis kita menuju ke arah yang lebih baik lagi dan maju lagi.

Salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan untuk membuat hidup jadi lebih mudah, khususnya sebagai asisten pribadi yang akan mengingatkan semua jadwal kita adalah Google Calendar.

Latar Belakang:

Google Calendar adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Google untuk semua pengguna akun surel di Google. Dengannya, kita akan dengan mudah mengatur semua jadwal kita sendiri layaknya mempunya seorang asisten pribadi yang cekatan dan tangkas. Beberapa fitur yang ada adalah sebagai berikut:

  • Bagikan jadwalmu. Untuk mengatur jadwal kita, sebenarnya cukup mudah, selama kita tahu, anggota tim kita itu sedang sibuk atau tidak. Dengan fitur ini, maka kamu bisa mengetahui kapan jadwal yang tersedia dari rekan kerjamu, keluarga dan teman-temanmu. Cukup dengan beberapa klik, kamu bisa tahu apakah temanmu biosa hadir atau tidak.
  • Jadwal Pergi. Akses ke kalendarmu ketika jauh dari PC dengan cara melakukan sinkronisasi ke perangkat  telepon seluler pintarmu ataupun gadgetmu. Selain itu bisa juga dengan mempergunakan Google Calendar versi bergerak ataupun menggunakan fitur kalendar yang sudah tersedia di perangkat bergerakmu sendiri.
  • Gak pernah lupakan event apapun. Atur jadwalmu dengan rapi dengan mempergunakan reminders. Dengan fitur ini, maka kamu akan mendapatkan notifikasi yang bisa kamu pilih, melalui surel ataupun SMS langsung ke perangkat telepon bergerakmu.
  • Kirimkan undangan dan ketahui siapa tamumu. Kirimkan undanganmu atas suatu event. Dalam fitur ini, semua tamu undangan bisa melakukan pemesanan, RSVP, baik melalui surel ataupun via Google Calendar.
  • Sinkronisasi dengan PCmu. Jika kamu pengguna Apple iCal ataupun Mozilla Sunbird, kamu juga bisa sinkronisasi dengan aplikasi di desktopmu.
  • Bekerja Luring. Ketika kamu jauh dari koneksi ke dunia maya (luring), maka kamu masih bisa cek kalendarmu secara luring dimanapun kamu berada.
  • GRATIS? Tentunya….

 

Referensi:

TAGS: