Day 2 Studium Generale: BNN Berikan Edukasi Pencegahan Narkoba bagi Para Mahasiswa Baru EBS

Day 2 Studium Generale: BNN Berikan Edukasi Pencegahan Narkoba bagi Generasi Milenial

Day 2 Studium Generale: BNN Berikan Edukasi Pencegahan Narkoba bagi Para Mahasiswa Baru EBS

ESQ Business School – Narkotika dan obat-obatan terlarang atau yang lebih dikenal dengan singkatan Narkoba, pasti sudah tidak asing di telinga kita. Barang haram yang dapat merusak moral bangsa khususnya anak-anak muda ini, memang harus dijauhi dan diberantas sampai ke akarnya. Karena sekali saja seseorang akrab dengan barang haram tersebut, maka hancurlah masa depannya.

Hal ini pula, yang serius disikapi oleh ESQ Business School (EBS), pada hari ini (10/09/2019) yang bertempat di Lantai 18, Ruang Auditorium Prof.Ir.Surna Tjahja Djadjadiningrat diselenggarakanlah kegiatan Studium Generale (Kuliah Umum) di hari ke-2 ini. Masih dalam rangka “Welcoming Week 2019” bagi para mahasiswa baru EBS. Sebelumnya para mahasiswa baru EBS juga melakukan tes kesehatan yang dipandu dari tim Rumah Sakit POLRI. Setelah itu dilakukan kegiatan Studium Generale di sesi kedua, di mana kegiatan sesi ini dibawakan langsung oleh Drs. Anjan Pramuka Putra, S.H.,M.Hum yang merupakan Dewan Pemimpin Umum Tertinggi (Deputi) Bidang Pencegahan dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Acara ini dimulai pada pukul 13.30 WIB-15.00 WIB yang dihadiri pula oleh Ketua ESQ Business School, Dwitya Agustina.,S.T.,M.B.A.

Day 2 Studium Generale: BNN Berikan Edukasi Pencegahan Narkoba bagi Generasi MilenialBapak Deputi berkata bahwa pentingnya generasi milenial memiliki edukasi untuk pencegahan Narkoba.Merujuk pada data BNN pada 2018 yang dilansir dari Kompascom, prevalensi angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar di 13 ibu kota provinsi di Indonesia mencapai angkta 3,2 persen atau setara dengan 2,29 juta orang.

Lebih lanjut Bapak Deputi mengatakan pula bahwa hendaknya generasi muda pintar untuk memilih-milih teman dalam pergaulan, jangan sampai bergaul dengan pengedar atau pemakai Narkoba. Karena sekali saja seseorang berurusan dengan Narkoba, maka hancurlah masa depannya. Dampak penyalahgunaan Narkoba antara lain berpengaruh pada: fungsi otak, gangguan kesehatan, gangguan perilaku, hubungan dengan keluarga, dan juga kerusakan sosial.

Day 2 Studium Generale: BNN Berikan Edukasi Pencegahan Narkoba bagi Generasi MilenialPara pengedar Narkoba di zaman sekarang ini sudah beragam modusnya. Kitalah yang harus berhati-hati dan tetap waspada. Adapun cara mencegah Narkoba yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Menolak ajakan merokok karena merokok adalah pintu gerbang Narkoba.
  2. Hindari pergaulan, tempat nongkrong, atau ajakan nongkrong yang tidak sehat. Kenali siapa temanmu.
  3. Isi waktu luang dengan kegiatan positif seperti: olahraga, les musik, pramuka, dan sebagainya
  4. Ingat bahwa tidak aada ajaran agama yang membenarkan tentang Narkoba
  5. Ingatlah bahwa ada keluarga yang menyayangi kita, ciptakanlah komunikasi yang baik dengan keluarga.
Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi