ESQ Business School - APA ITU BUSINESS SCHOOL ? DAN APA BEDANYA ESQ BS DENGAN UNIVERSITAS UMUM LAINNYA ?

Apa itu Business School ? dan Apa Bedanya ESQ BS dengan Universitas Lain ?

Apa itu Business School ? dan Apa Bedanya ESQ BS dengan Universitas Lain ?

ESQ Business School – Kemajuan sebuah negara tidak dapat dilepaskan dari pertumbuhan ekonomi negara tersebut, dan pertumbuhan ekonomi sangat ditentukan oleh peran aktif para pelaku usahanya.  Menurut sosiolog David Mc Clelland, dari Harvard dalam bukunya “The Achieving Society” mengatakan bahwa sebuah negara dikatakan maju apabila memiliki 2% dari warga negaranya yang menjadi wirausaha. Saat ini Amerika memiliki 11,5% wirausaha sedangkan China dan Jepang memiliki sebanyak 10% wirausaha.

 

Dikawasan Asia Tenggara sendiri, persentase wirausaha paling tinggi ditempati Singapura 7.2% dan Malaysia 5% dan Thailand 3%. Indonesia masih perlu kerja keras menambah jumlah wirausahanya yang saat ini masih di angka 1.65%. Dengan jumlah penduduk sebanyak 250 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar besar yang menjadi incaran negara-negara produsen di dunia. Maka angka 1.5% wirausaha dari total populasi penduduk Indonesia, masih tergolong sedikit. Indonesia perlu berusaha untuk menumbuhkan lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha di masa depan.

 

Berangkat dari hal inilah, saat ini bermunculan sekolah bisnis-sekolah bisnis di tanah air. Sebelumnya memang sudah ada fakultas atau program studi yang berorientasi pada bisnis yang banyak ditemukan di Universitas secara umum. Beberapa kampus bahkan sudah mulai menyesuaikan penamaan Fakultasnya dari Fakutas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

 

Disamping telah ada fakultas atau program studi yang membidangi bisnis di banyak Universitas secara umum namun itu dinilai belum cukup untuk menggairahkan minat berwirausaha di tanah air. Maka muncullah sekolah bisnis atau business school yang memfokuskan diri bagaimana membangun sumber daya manusia yang kompeten dalam mengelola bisnis.

 

Perbedaan antara business school dengan kampus umum lainnya adalah salah satunya terletak pada proses pembelajaran dan lingkungan belajarnya. Jika pada kampus umum, proses pembelajaran masih banyak yang bersifat teoritis di kelas atau praktek dalam lingkungan terbatas, maka pada business school proses pembelajaran disampaikan dengan metode yang lebih aktif dan interaktif. Seperti case study di lapangan, membangun bisnis riil dengan modal yang ditentukan dalam sebuah teamwork, dan masih banyak pola pendidikan bisnis lainnya yang berorientasi pada praktek langsung di lapangan.

 

Selain itu, perbedaan business school dibanding kampus umum lainnya adalah pada lingkungan belajarnya. Di dalam business school, kampus didisain sedemikian rupa sehingga atmosfir bisnisnya sangat kental terasa. Mulai dari akses masuk ke gate kampus, area lobby dengan security yang profesional, fasilitas lift dan disain lay out furniture yang didisain seperti area bisnis. Sangat berbeda dengan disain kampus pada umumnya.

 

Dengan perbedaan pada proses dan lingkungan belajar ini, business school telah mempersiapkan mahasiswanya untuk sedari awal beradaptasi dengan dunia bisnis sehingga sebelum lulus mereka diharapkan telah memiliki usaha sendiri.

 

Salah satu sekolah bisnis baru yang hadir di tanah  air saat ini adalah ESQ Business School (EBS). Sebagai sekolah bisnis, EBS memilki kampus di lokasi bisnis strategis di bilangan Tb. Simatupang Jakarta Selatan. Berkampus di Gedung Menara 165, EBS memberikan solusi lebih dari sekolah bisnis seperti yang disebutkan diatas. EBS sejak awal dirancang oleh Bapak Ary Ginanjar Agustian, pakar pendidikan karakter, untuk menjadi Sekolah Bisnis Terbaik Di Indonesia dengan berbasis Pendidikan Karakter.

 

Lulusan dari EBS diharapkan tidak hanya kompeten dalam mengelola bisnis, namun juga memiliki karakter yang unggul. Lulusan EBS tidak hanya menjadi manusia yang sukses di dunia, namun juga menjadi manusia sholeh yang bertakwa dengan orientasi jangka panjang akhirat.

 

Inilah kesukseksan paripurna yang akan dipersiapkan oleh ESQ Business School sebagai Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia untuk para lulusannya, sukses di dunia dengan berbisnis berdasarkan karakter yang unggul, dan sukses di akhirat dengan bertauhid berlandaskan iman dan taqwa.

Facebook