Alasan di Balik Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda untuk Masa Depan Mereka

Alasan di Balik Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda untuk Masa Depan Mereka

Alasan di Balik Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda untuk Masa Depan Mereka

ESQ Business School – Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat hampir di setiap aspek kehidupan manusia. Mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, manusia di era sekarang dituntut untuk cepat beradaptasi dalam era saat ini yang dinamakan era VUCA (Volatillity, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) di mana setiap harinya selalu saja ada inovasi baru yang diciptakan oleh manusia.

Untuk itu, generasi muda saat ini harus terus belajar meningkatkan kemampuannya dari segi intelektual agar tidak terlindas oleh perubahan zaman. Namun, selain kemampuan secara intelektual yang harus terus di-upgrade, ada yang tak kalah penting yang harus selalu dimiliki para generasi muda dalam melangkah ke depan, yakni pendidikan karakter.

Suyitno (2012) menjelaskan bahwa karakter dapat diartikan sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat,temperamen, dan watak. Karakter dalam pengertian ini menandai dan memfokuskan pengaplikasian nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah-laku. Orang yang tidak mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan, misalnya tidak jujur, kejam, rakus, dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang yang berkarakter jelek, tetapi orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.

Menurut Daniel Goleman, seorang Penulis asal Amerika Serikat juga mengatakan dalam bukunya bahwa faktor penentu kesuksesan seseorang hanya 20% yang berasal dari kecerdasan intelektual, selebihnya 80% berasal dari kecerdasan emosional dan spiritual. Itu artinya, sepandai dan secerdas apapun diri kita, jika kita mempunyai akhlak, sifat, perangai yang buruk ke Sang Pencipta ataupun ke sesama manusia,  maka kesuksesan tidak akan datang kepada diri kita. Kita bisa lihat betapa banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh generasi muda saat ini seperti Narkoba, Tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, dan sebagainya. Itulah akibat dari tidak adanya penanaman pendidikan karakter dalam jiwa mereka.

ESQ Business School (EBS) merupakan kampus bisnis pertama berbasis pendidikan karakter di Indonesia yang didirikan oleh (Alm) Prof Ir.Surna Tjahja Djadjadiningrat,Ph.D dan DR.(HC) Ary Ginanjar Agustian, di mana ESQ Business School menyiapkan sebuah model untuk membangun manusia yang disebut dengan THE EBS WAY, Sebuah rumah yang sempurna memiliki pondasi, tiang dan atap. Begitupun dalam membangun manusia, kita perlu siapkan pondasi, tiang dan atap. Pondasi yang kita bangun adalah Belief, tiangnya adalah Values dan atapnya adalah Competency. ESQ Business School mengajarkan kepada para mahasiswanya untuk tak hanya cerdas secara intelektual saja, tapi juga secara emosional dan spiritual.

Open chat
Ada yang bisa Kami bantu?