6 Langkah Jitu Bangun Bisnis Digital Startup Dari Nol

ESQ Business School – Berada pada abad ekonomi kreatif dimana teknologi menjadi sebuah trobosan dalam segala aspek, perlu keseimbangan antara pola pikir (digital mindset) dan keahlian teknologi (technology adaptive) dalam menyikapinya. Faktanya teknologi hadir dan perkembangannya bukan hanya sebatas kebutuhan tetapi menjadi keharusan. Mengapa? Karena hanya dengan teknologi, pertumbuhan bisnis menjadi eksponensial.

Digital Startup adalah salah satu bentuk bisnis rintisan dengan konsep utama diawali dari ide, bersama ide direalisasikan menjadi suatu bisnis yg disuntik dengan teknologi.  Karena produk mudah ditiru, maka ide yg tersimpan dalam founder menjadi aset berharga dalam kebertahanan bisnis di lingkungan yang sangat dinamis. Beberapa tokoh yang sukses dari bisnis yang berbasis teknologi tersebut,  Markzuckerberg (FB), Ahmad Zaky (Bukalapak) dan lainnya.

Kamu ingin menjadi seorang technopreneur di bidang digital startup ??? Kamu perlu mengetahui cara nya. Berikut ini  5 langkah membangun bisnis startup dari 0

  1. Ide

Langkah pertama adalah menemukan Ide. Ide bisa didapat dimana saja dan kapan saja melalui interaksi kamu dengan manusia dan alam sekitarnya. Misalnya hobi, sebagian besar perusahaan rintisan yang suskes saat ini adalah yang memulai dari kesenangan sendiri (hobi). Ide tidak perlu ditemukan, karena ia akan datang sendirinya seiring dengan interaksi kamu dengan lingkungan dan keinginan kamu untuk menyelesaikan masalah.

  1. Fokus

Begitu sudah menentukan industri, maka kamu harus fokus membangun startup di industri itu. Dibutuhkan kesungguhan yang tinggi dan mental belajar dari kesalahan.

  1. Bentuk Tim

Manusia adalah makhluk sosial. Jadi kamu perlu membuat tim dalam membangun ini agar semua terlaksana dengan baik. Dengan begitu , tugas kamu akan menjadi ringan karena dibantu oleh tim. Kamu juga akan sering berdiskusi dengan tim dan mendapatkan ide-ide baru.

  1. Lakukan validasi

Perlunya melakukan validasi (test pasar) untuk membuat  startup yang kamu lakukan menjadi sukses. Karena ketika melakukan tes pasar akan terlihat hasilnya, sejauh mana ide kamu berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat. Ingat!!!, impact first, profit will follow.

  1. Konsisten

Hal ini yang sangat krusial, karena sebagian orang putus asa karena menemukan tantangan dan gagal. Maka, konsisten untuk terus mencoba, bereksperimen dan berinovasi untuk kesuksesan kamu dan bisnis startup. Temukan suksesmu dengan konsisten.

  1. Networking

Karena startup adalah bisnis rintisan, maka kamu harus memiliki network luas untuk berkolaborasi. Network juga akan “menandai” kamu sebagai orang digital startup.

Program Digital startup di ESQ Business School (EBS) memiliki   2 bidang studi berbasis teknologi (Ilmu Komputer dan Sistem Informasi) yang dapat membantu kamu berkembang sebagi founder digital startup. Pada program ini, tidak hanya belajar dikelas, tetapi kamu akan masuk ke dalam ekosistem startup dan menjalin networking yang luas.

ESQ Business School mendidik mahasiswanya bukan sekedar untuk membuat bisnis, namun bisnis tersebut harus memiliki values atau bermanfaat untuk orang banyak. Sehingga menjadikan mahasiswanya sukses melalui karakternya, inilah yang biasa disebut sukses berkarakter.