4 Tips Jitu untuk Mempersiapkan dengan Baik Ujian Akhir Semester bagi Mahasiswa

4 Tips Jitu untuk Mempersiapkan dengan Baik Ujian Akhir Semester bagi Mahasiswa

4 Tips Jitu untuk Mempersiapkan dengan Baik Ujian Akhir Semester bagi Mahasiswa

ESQ Business School – Ujian Akhir Semester bagi mahasiswa atau yang biasa dikenal dengan sebutan UAS menjadi bahan evaluasi terkait pembelajaran yang telah didapatkan oleh mahasiswa di setiap semesternya. Apakah mahasiswa dalam satu semester menyimak dengan baik setiap matakuliah yang dosen ajarkan atau sebaliknya.

Banyak di kalangan mahasiswa yang mengalami stress dan galau menjelang UAS ini, karena hasil dari nilai UAS akan turut berpengaruh kepada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Berikut ini 4 tips jitu untuk mempersiapkan dengan baik Ujian Akhir Semester bagi Mahasiswa yang telah dirangkum oleh ESQ Business School (EBS) dari berbagai sumber berikut ini:

  1. Tentukan Goals yang Ingin Dicapai

Cobalah tentukan goals dalam nilai UAS yang akan kamu capai nanti. Apakah kamu ingin semua nilaimu A, atau mungkin kamu hanya ingin mematok minimal tidak C, dan target lainnya. Pentingnya untuk menentukan goals, karena goals yang jelas akan berimplikasi kepada seberapa banyak usaha yang harus kamu keluarkan

  1. Siapkan Jadwal Belajar yang Efektif

Walaupun sekarang sistem perkuliahan sedang #dirumahaja, bukan berarti kamu menjadi malas-malasan dalam belajar. Tetaplah untuk menyiapkan jadwal belajar yang efektif. Cobalah untuk menyusun mana materi yang paling kamu mengerti dan tidak mengerti. Berlatihlah setiap hari tapin jangan lupa juga untuk istirahat. Dengan jadwal belajar yang intensif seperti ini membuatmu siap menghadapi UAS.

  1. Tetapkan Komitmen

Setelah poin kesatu dan kedua telah dilakukan, penting bagimu untuk menetapkan komitmen belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. Menjalani perkuliahan dengan #dirumahaja atau Study from Home membutuhkan komitmen yang tinggi karena rasa malas akan kerapkali menghantui. Komitmen merupakan janji antara kamu dan dirimu sendiri. Janji tersebut tidak boleh dirusak. Pikirkan konsekuensi apa yang akan terjadi jika kamu melanggar atau stay dengan komitmen tersebut.

  1. Perhatikan Silabus atau Materi yang Akan Diujikan serta Bertanyalah pada Dosen Jika Kurang Jelas

Untuk poin terakhir, perhatikan silabus atau materi yang akan diujikan. Meskipun bagus untuk mempelajari satu buku penuh, namun jika targetmu adalah meraih nilai yang bagus, jangan sampai usahamu itu jadi buang-buang waktu dan buang-buang energi. Iya, memang bagus untuk belajar, tapi untuk ujian, usahakan materi yang kamu pelajari akan muncul dalam soal. Biasanya dosen selalu memberikan silabus sebagai bahan acuan. Serta jangan pernah sungkan dan malu bertanya pada dosen jika kurang jelas dengan materi yang diberikan.

Open chat
Ada yang bisa Kami bantu?