4 Mahasiswa EBS Beri Edukasi Pentingnya Sistem Hidroponik pada Ibu Rumah Tangga

4 Mahasiswa EBS Beri Edukasi Pentingnya Sistem Hidroponik pada Ibu Rumah Tangga

4 Mahasiswa EBS Beri Edukasi Pentingnya Sistem Hidroponik pada Ibu Rumah Tangga

ESQ Business School – Pada jaman seperti saat ini dimana perkembangan teknologi begitu pesat, membuat banyak jenis pengetahuan baru yang bermunculan. Salah satunya adalah budidaya tanaman hidroponik.

Penanaman dengan sistem hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah (humus) sebagai media tanam, hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanam yang kaya akan nutrisi.

Menanam sayuran dengan sistem hidroponik lebih banyak keunggulannya dibandingkan dengan sistem tanam konvensional. Lebih cepat, banyak, higienis dan lebih terjaga kandungan nutrisinya serta tidak mudah layu.

Menanam tanaman dengan sistem hidroponik merupakan suatu metode yang ramah lingkungan. Karena dalam pembudidayaannya tidak perlu menggunakan pestisida atau bahkan herbisida yang beracun. Dalam pengimplementasian mata kuliah “Community Development” yang diampu oleh Ibu Leli Deswindi.,S.E.,M.T, empat mahasiswa ESQ Business School (EBS) semester 6 yang terdiri dari: Addiena Eka Rizki M, Henny Nurullita, Unggul Jati Hutomo, dan Yayuk Melyani Putri melakukan Penyuluhan Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik kepada Ibu Rumah Tangga.

Berikut dokumentasinya:

4 Mahasiswa EBS Beri Edukasi Pentingnya Sistem Hidroponik pada Ibu Rumah Tangga

4 Mahasiswa EBS Beri Edukasi Pentingnya Sistem Hidroponik pada Ibu Rumah Tangga

4 Mahasiswa EBS Beri Edukasi Pentingnya Sistem Hidroponik pada Ibu Rumah TanggaAda pun tujuan dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Adiena dan rekan-rekannya antara lain:
1. Mengedukasi masyarakat terutama Ibu Rumah Tangga untuk sadar akan pentingnya memiliki skill atau keahlian selain pekerjaan rumah tangga.
2. Mengajak masyarakat merasakan pentingnya memilih sayur yang bebas dan aman dari bahan kimia yang berbahaya, Meningkatkan kualitas dan daya saing masyarakat melalui pengembangan diri, pembentukan potensi diri dan keahlian diri dengan budidaya tanaman sayuran hidroponik.
3. Mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sebaik mungkin lahan rumah yang masih kosong,
4. Menjadi sumbangan ide bermanfaat bagi para Ibu Rumah Tangga yang ingin memiliki keahlian dan penghasilan tanpa harus keluar rumah.

Alasan Adiena dan rekan-rekannya memilih sayuran sebagai jenis tanaman yang ingin dibudiyakan adalah karena sayuran jenis ini merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak dikonsumsi masyarakat saat ini sehingga dengan adanya kegiatan atau program ini dapat memberikan kontribusi ketersediaan sayuran yang kualitasnya lebih baik dan fresh jika dibandingkan dengan sayuran hasil penanaman konvensional.

Beberapa keuntungan melakukan budidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik tersebut merupakan jenis usaha yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan menggunakan halaman rumah sebagai area penanaman.

4 Mahasiswa EBS Beri Edukasi Pentingnya Sistem Hidroponik pada Ibu Rumah TanggaNamun, karena menggunakan air sebagai media tumbuh, tentunya usaha budidaya ini memerlukan perhatian yang cukup khusus yaitu pemilik harus memastikan agar tanaman sayuran yang tumbuh ukurannya tidak terlalu besar.

Karena jika terlalu besar tanaman ini akan kekurangan sirkulasi udara sehingga dapat berakibat layu dan mati. Selain itu, periode waktu penanaman juga harus diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap rasa yang ditimbulkan. Jika sudah melebihi 29 hari, sayur yang di panen nanti rasanya bisa jadi pahit.

Semoga ulasan artikel di atas bermanfaat ya!

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi