4 Langkah Jitu bagi Mahasiswa untuk Mulai Membangun Bisnis

4 Langkah Jitu bagi Mahasiswa untuk Mulai Membangun Bisnis

4 Langkah Jitu bagi Mahasiswa untuk Mulai Membangun Bisnis

ESQ Business School – Di zaman sekarang ini, merintis sebuah bisnis banyak dilakukan oleh generasi muda. Banyak mahasiswa yang saat ini duduk di bangku kuliah mencoba memulai merintis atau membangun bisnis. Awalnya mungkin mereka membangun bisnis hanya sekadar iseng-iseng, namun ternyata bisa jadi dari sekadar hobi bisa menghasilkan pundi-pundi bernilai jutaan atau bahkan milyaran rupiah untuk omzetnya.

Mungkin di antara kalian ada yang bingung, bagaimana cara membangun bisnis bagi mahasiswa sejak di bangku kuliah? Karena kebanyakan anak muda dalam menjalankan bisnis hanya semangat di awalnya saja

Yang namanya merintis bisnis, bukan bisnis sekadar ide saja, tapi juga harus dieksekusi. Tentunya jika kamu mahasiswa yang ingin berbisnis jangan sampai mengesampingkan nilai-nilai akademikmu di bangku kuliah, karena itu juga penting. Berikut ini ESQ Business School (EBS) merangkum 4 langkah jitu bagi mahasiswa untuk mulai membangun bisnis berdasarkan info dari berbagai sumber. Yuk simak selengkapnya:

  1. Bersegera Memulai Jangan Menunda

Jika kamu menunda, maka kamu akan kehilangan banyak kesempatan termasuk dalam hal berbisnis. Berbisnis berpacu dengan waktu. Sukses bukan hanya milik orang tua atau yang sudah berpengalaman saja, justru di masa muda seperti ini

  1. Ikut Seminar atau Workshop tentang Dunia Bisnis

Ilmu bisa didapatkan dari mana saja dan oleh siapa saja. Belajarlah kepada mereka-mereka yang telah berpengalaman, salah satunya dengan ikut seminar yang banyak membahas tentang dunia bisnis. Kamu bisa menggali lebih banyak serta berkonsultasi tentang dunia bisnis bersama para pakar yang sudah ahli di bidang bisnis.

  1. Susunlah Proposal Bisnismu

Untuk memulai membangun bisnis, penting untuk membuat proposal bisnis. Proposal berguna untuk memperjelas ide dan mempermudah pemahaman setiap detail ide usahamu. Jika proposal sudah dibuat, maka kamu bisa ajukan proposal itu ke pihak-pihak strategis yang berguna untuk bisnismu ke depan.

  1. Carilah Mentor Bisnis yang Tepat

Seorang mentor akan mengarahkanmu ke arah yang tepat. Jelas ini sangat menguntungkan apabila kamu punya mentor dalam hal bisnis. Mentor akan senantiasa membimbingmu sehingga yang tadinya kamu tidak tahu akan menjadi tahu. Rajinlah bertanya mengenai bisnismu pada sang mentor, jangan malu bertanya karena malu bertanya hanya akan membuatmu menjadi tidak berkembang.

***

Mengapa di EBS para mahasiswanya banyak yang mempunyai bisnis di usia muda? Karena mereka dibangkitkan passion-nya, ditemukan “Grand Why”-nya mengapa mereka berbisnis, mereka di sini juga diciptakan untuk cerdas dalam hal spiritual berbisnis, dibangun dengan kreativitas bisnis, dan dilengkapi dengan intelektual bisnis yang melalui pendekatan entrepreneurship, business creation, dan business development. Mulai dari ide, validasi ide, validasi market, dibuat model bisnisnya, dibuat prototype bisnisnya, bertemu dan deal dengan investor sehingga bisnis mereka bisa berjalan dengan baik. Kamu punya passion dan hobi di bidang bisnis? Yuk jemput masa depanmu dengan berkuliah di EBS Program Studi Manajemen Bisnis!

Sumber referensi: bisnisukm.com

Open chat
Ada yang bisa Kami bantu?