4 Cara Jitu Mempersiapkan Ujian Sidang Skripsi Online bagi Mahasiswa Semester Akhir

4 Cara Jitu Mempersiapkan Ujian Sidang Skripsi Online bagi Mahasiswa Semester Akhir

4 Cara Jitu Mempersiapkan Ujian Sidang Skripsi Online bagi Mahasiswa Semester Akhir

ESQ Business School – Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini mengubah tatanan aspek kehidupan manusia secara umum, dalam dunia pendidikan Pandemi Covid-19 membuat sistem pemebelajaran bagi anak-anak sekolah maupun mahasiswa dilakukan secara online atau Study from Home.

Bagi mahasiswa tingkat akhir pun, sekarang ini mereka juga harus berjibaku dengan ujian  sidang skripsi sebagai syarat kelulusan untuk jenjang Sarjana Strata 1 yang akan dilakukan secara online di tengah Pandemi seperti sekarang ini. Lalu, apa saja cara jitu mempersiapkan ujian sidang skripsi secara online? ESQ Business School (EBS) telah merangkumnya dari berbagai sumber, yuk kita simak:

  1. Pastikan Koneksi Internet dalam Keadaan Aman dan Stabil

Salah satu kunci kesuksesan dari pembelajaran jarak jauh (online) sekarang ini adalah dengan koneksi internet yang aman dan stabil. Begitupun untuk ujian sidang skripsi, Sidang akhir online membutuhkan jaringan internet yang kuat karena durasinya tidak bisa sebentar. Maka dari itu, pastikan jaringan internet kamu aman dari gangguan, lebih baik pergunakan Wifi tapi jika imgin pakai kuota biasa, pergunakanlah kuota di atas 10 GB. Lalu, pastikan juga listrik di tempatmu dalam keadaan yang aman.

  1. Sebelum Ujian Sidang, Sempatkan untuk Gladi Resik

Gladi resik sangat baik dilakukan sebelum hari H dalam sebuah acara apapun, termasuk ujian sidang skripsi secara online. Dalam ujian sidang skripsi, hal yang patut mendapat perhatian adalah masalah slide presentasi. Jika sidang skripsi secara online, ketahuilah cara menampilkan presentasi agar dapat terlihat jelas di layar dan dapat diikuti oleh tim penguji. Ajak beberapa teman untuk membantumu melakukan simulasi.

  1. Pergunakan Ruang yang Memadai untuk Ujian

Hal berikut yang perlu dipersiapkan adalah gunakan ruang yang memadai untuk sidang skripsi secara online. Jika di rumahmu ada anak kecil usahakan untuk mencari ruangan yang kondusif, jangan sampai ada suara bising yang masuk ke dalam audio.

  1. Pergunakan Komunikasi yang Efektif dalam Sidang Skripsi

Ujian sidang skripsi secara online memang menghemat waktu perjalanan karena kamu tidak perlu datang ke kampus, tapi ada hal-hal yang juga perlu diperhatikan dalam ujian sidang skripsi secara online. Mahasiswa tingkat akhir perlu berkomunikasi dengan bahasa yang lebih efektif supaya tim penguji dapat mengerti topik yang dibawakan. Pergunakan bahasa yang baik dan benar dalam mempresentasikan materi saat ujian sidang skripsi.

***

Selamat mempersiapkan ujian sidang skripsi secara online bagi para mahasiswa tingkat akhir. Semoga kalian mendapatkan hasil kelulusan yang memuaskan.

ESQ Business School
Empowering Leaders with Character
#suksesberkarakter

Sumber referensi: website anakrantau.id dan beberapa media lainnya

Open chat
Ada yang bisa Kami bantu?