ESQ Business School - Sekolah Bisnis Terbaik Di Indonesia

3 Tips Menjadi Remaja Produktif dan Anti Depresi

3 Tips Menjadi Remaja Produktif dan Anti Depresi

Marak kasus bunuh diri yang belakangan ini terjadi. Yang paling baru adalah kasus bunuh diri kakak-beradik yang lompat dari lantai 5 Apartemen Gateway Bandung dan kasus bunuh diri remaja yang lompat dari jembatan Pasupati Bandung pada Juli 2017 lalu.

 

Penyebab bunuh diri bisa beragam. Menurut Psikolog Saskhya yang dilansir tempo.co, penyebab bunuh diri setidaknya ada tiga. Depresi terhadap lingkungan termasuk keluarga, kekurangan dukungan, dan ekspektasi sosial melalui social media yang membuat minder. Yup! Bahkan social media bisa membuat seorang remaja merasa kurang beruntung atau kurang bahagia dari teman-teman yang lain.

 

Lalu apa yang seharusnya dilakukan untuk mencegah terjadinya depresi yang mengarah ke perilaku bunuh diri?

 

  1. Tingkatkan Produktivitas dengan Bergabung di Komunitas

Dengan bergabung deng komunitas yang memiliki aktivitas padat dan produktif, kita tidak sempat memikirkan hal-hal negatif yang bisa mendekatkan diri pada keadaan depresi. Kamu bisa mencari komunitas yang sesuai dengan hobi yang kamu minati. Misalnya fotografi, sepak bola, dan sebagainya.

 

  1. Bikin Bisnis bersama Teman Terdekatmu

Pertemanan yang baik adalah yang bisa mengubah kita ke arah yang lebih baik. Nah, kenapa nggak coba mulai merintis bisnis bersama teman-teman terdekat? Seperti mahasiswa ESQ Business School yang selalu antusias mem-develop bisnis yang juga merupakan bagian dari mata kuliahnya.

 

  1. Bahagiakan Diri dengan Liburan

Ini dia yang sering dilupakan! Coba ingat, kapan kamu pergi liburan atau sekedar refreshing menyenangkan diri? Liburan yang rutin bisa terus memelihara kebahagiaan kita sehingga tidak sempat terlaut dalam pikiran negatif. Gak perlu jauh, yang penting rutin.