3 Kunci Sukses Dibahas di Seminar “Future Leaders” bagi Siswa SMP Al-Quran Ma’rifatussalaam

3 Kunci Sukses Dibahas di Seminar “Future Leaders” bagi Siswa SMP Al-Quran Ma’rifatussalaam

ESQ Business School – Proses belajar hendaknya kita lakukan sampai seumur hidup. Jangan pernah merasa sudah puas terhadap ilmu yang telah kita dapatkan. Karena insan terbaik adalah insan yang mau dan mampu untuk terus belajar dan berbenah diri menuju ke arah yang lebih baik. Usia muda, hendaknya selalu dipergunakan untuk terus belajar dan terus mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Karena di tangan para generasi muda, kemajuan atau kemunduran suatu peradaban akan terjadi.

Berangkat dari keinginan untuk membuat generasi muda untuk menjadi generasi yang bermanfaat untuk agama, bangsa, dan Negara, hari ini (21/09/2018) Para siswa SMP Al-Quran Ma’rifatussalaam berkunjung ke ESQ Business School (EBS) di Menara 165, Jakarta Selatan. Mereka mendapatkan seminar motivasi tentang “Future Leaders” yang bertempat di Auditorium Lantai 18, ESQ Business School.

Acara seminar ini dipandu oleh Rudi, Trainer Lisensi Dr.(H.C) Ary Ginanjar Agustian. Kak Rudi memandu acara ini mulai pukul 14.00 – 17.00 WIB. Kak Rudi—sapaan akrab dari Rudi, memandu acara ini dengan penuh semangat, kehangatan, dan rasa kekeluargaan.

Acara ini diawali sambutan oleh pihak sekolah SMP Al-Quran Ma’rifatussalam dan setelah itu, Bapak Muhammad Nussyirwan, S.T, MSM selaku pengajar di EBS memberikan kata sambutannya. Beliau mengatakan bahwa, perjalanan proses pendidikan itu memakan waktu yang lama, jika benar-benar ingin mendidik generasi-generasi penerus yang terbaik. Tidak bisa hanya dalam jangka waktu bulanan atau tahunan seperti menanam tumbuhan, karena pendidikan itu tak hanya sekadar kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. “Mau sukses, jangan lupa untuk selalu hormat dan berbakti pada orangtua dan guru-guru yang telah mengajarkanmu” Ujar Beliau.

Adapun tujuan dari seminar “Future Leaders” yang didapatkan para siswa SMP Al-Quran Ma’rifatussalaam adalah agar menjadi bekal bagi masa depan mereka menjadi generasi yang sukses di dunia dan juga di akhirat, serta mendidik mereka untuk menjadi pemimpin yang cerdas dari segi intelektual dan juga spiritual.

Kak Rudi mengatakan bahwa ada 3 kunci yang manusia harus punyai apabaila dia ingin hidup bahagia dan sukses. Ketiga kunci ini, telah dirumuskan juga oleh Daniel Goleman, seorang tokoh psikolog kontemporer yang namanya melejit lewat karya monumentalnya “Emotional Intelligence”. Ketiga kunci ini adalah: Keahlian, pengetahuan, dan sikap. Dan ternyata, keahlian dan pengetahuan hanya memegang peranan sebesar 10-20%, sedangkan 80%-90% didominasi oleh sikap atau perilaku.

Yang membuat seseorang sukses itu betul-betul berasal dari sikap atau perilakunya, karena dalam Alquran pun telah dijelaskan bahwa, Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sampai kaum itu sendiri yang mengubah keadaannya. Jadi jika ingin mengubah suatu peradaban, jangan malas, terus belajar, dan terus melakukan yang terbaik.

Rachmah Dewi

Author Rachmah Dewi

More posts by Rachmah Dewi