Ujian Nasional
2 Kegiatan Positif Pasca UN, Hindari Kegiatan yang Meresahkan

ESQ Business School – Ujian Nasional 2018 (UN) untuk SMA/K sederajat telah usai. Fenomena yang sering terjadi pada saat setelah pengumuman kelulusan adalah melakukan coret-coret seragam sekolah dengan menggunakan ”pilok”, konvoi kendaraan dan bahkan tawuran dengan siswa SMA lain.

Hal tersebut dapat meresahkan masyarakat akibat mengekspresikan yang terlalu berlebihan. Untuk mencegah hal itu terjadi kembali, perlu peranan guru dan orang tua dalam mendidik karakter siswa kelas XII sehingga mereka bisa mengekspresikannya kedalam hal yang positif.

Berikut adalah kegiatan yang dapat mengarahkan ekspresi atau mendidik karakter dari siswa kelas XII :

  1. Donasikan sergam sekolah

Ujian Nasional

Untuk menghindari aksi corat-coret usai ujian, civitas akademik atau orang tua bisa mengadakan gerakan kepedulian untuk para siswa agar mendonasikan seragam mereka. Hal tersebut dapat mengajarkan dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

  1. Menggambar Mural

Ujian Nasional

Menggambar mural merupakan bagian dari seni yang biasa dilakukan oleh kaum kaula muda dengan wadah tembok atau dinding. Para pendidik bisa mewadahi dan melakukan perizinan untuk mengarahkan siswa melakukan hal tersebut dalam hal meluapkan ekspresi mereka, dibanding melakukan konvoi di jalan yang dapat meresahkan warga sekitar. Beberapa sekolah telah bekerja sama dengan Pemda DKI untuk memperindah jalan dengan membuat mural di tiang pondasi flyover.

Semua kegiatan tersebut dapat mengarahkan ekspresi dari para siswa kearah yang lebih baik.

Tidak ingin kebiasaan buruk terjadi lagi kan??? Silakan comment apabila setuju serta share ke teman-teman anda agar disaat pengumuman UN aman dan damai

Achmad Fauzi

Author Achmad Fauzi

More posts by Achmad Fauzi

Leave a Reply

Paste your AdWords Remarketing code here