ESQ Business School -  10 Skill Yang Perlu Kamu Kuasai Agar Lebih Produktif di Masa Depan

 10 Skill Yang Perlu Kamu Kuasai Agar Lebih Produktif di Masa Depan

 10 Skill Yang Perlu Kamu Kuasai Agar Lebih Produktif di Masa Depan

Sebuah lembaga bernama Institute for the future (IFTF) telah melakukan riset kepada banyak organisasi diantaranya dari Perusahaan Fortune 500 hingga pemerintah dan yayasan, untuk mencari tahu skill apa yang perlu kamu kuasai agar lebih produktif di masa depan, khususnya di tahun 2020. Apa sih skill yang perlu kamu asah…?

 

Berikut ini ESQ Business School sampaikan informasinya untuk Anda..Inilah skill yang kamu butuhkan agar kamu lebih produktif di masa depan :

  1. Sense Making

Sense Making adalah keterampilan untuk mampu merasakan apa yang terjadi pada diri kita dan apa yang ada di sekitar kita. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk memberi makna terhadap pekerjaan yang kita lakukan.

 

Ada banyak orang tidak mengerti untuk apa ia bekerja. Ada orang yang ketika berkata, ia tidak peduli dengan perasaan teman kerjanya. Kejadian seperti ini banyak terjadi di tempat kerja karena seseorang tidak memiliki keterampilan “Sense Making”. Inilah keterampilan yang sangat membantu kita untuk mendapatkan sudut pandang-sudut pandang baru ketika kita  mengambil keputusan.

 

  1. Social Intelligence

Social intelligence atau kecerdasan sosial adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan masyarakat luas serta mampu berkontribusi positif  di tengah masyarakat.

 

Kehadiran teknologi gadget dan game membuat banyak anak muda dilanda penyakit semacam autis. Sibuk dengan dunianya sendiri dan tidak peduli dengan orang di luarnya. Jika kondisi ini terus berlanjut , maka mereka tak mampu untuk mengembangkan karir atau usahanya.

 

  1. Novel & Adaptive Thinking

Ini adalah kemampuan berpikir untuk beradaptasi dengan hal-hal baru untuk mendapatkan solusi dari tantangan yang ada.

 

Dunia berkembang sangat dinamis. Sesuatu yang canggih hari ini, enam bulan ke depan akan menjadi kuno. Inovasi-inovasi baru hampir selalu mewarnai kehidupan kita di segala bidang.

 

Kemampuan berpikir untuk beradaptasi dengan hal-hal baru sangat diperlukan dan menjadi skill yang harus lebih dikuasai lagi di masa depan, khususnya untuk menjawab tantangan-tantangan ke depan yang terus berkembang.

 

  1. Cross-cultural competence

Cross-cultural competence adalah keterampilan untuk mampu bekerja dalam berbagai budaya dan negara yang berbeda.

 

Di dalam interaksi dunia yang global, seseorang harus mampu bekerja dalam berbagai lokasi yang berbeda dari sisi budayanya. Mereka harus mampu bekerja di dalam lingkungan seperti apa pun. Penelitian menyebutkan bahwa sebuah grup akan menjadi cerdas dan inovatif apabila di dalam grup tersebut terdapat kombinasi dari berbagai usia, skill, disiplin, gaya berpikir dan bekerja.

 

  1. Computational Thinking

Computational Thinking adalah kemampuan berpikir untuk dapat menerjemahkan data dalam jumlah besar ke dalam konsep kerja.

 

Keterampilan ini membutuhkan pemahaman terhadap pengelolaan database untuk tujuan tertentu. Kita bisa mendapatkan banyak data dari proses yang terjadi di lapangan, namun data tersebut kalau tidak dikelola dengan baik hanya akan menjadi sampah data. Data yang dikelola dengan baik akan bernilai menjadi informasi. Informasi yang dikelola dengan baik akan menjadi pengetahuan, dan pengetahuan yang dikelola dengan baik akan menjadi wisdom(kebijaksanaan) bagi perusahaan.

 

  1. New Media Literacy

Ini adalah kemampuan untuk mengakses dan mengembangkan content dengan menggunakan media-media baru dan memanfaatkan media ini untuk komunikasi persuasif.

 

Lahirnya ribuan media yang digerakkan oleh para pengguna internet seperti video, blogs dan podcast saat ini mendominasi media sosial. Generasi masa depan harus menjadi ahli dalam menggunakan content-content seperti video dan mampu menyampaikan ekspresi mereka dengan menggunakan informasi visual mereka sendiri.

 

  1. Transdisciplinarity

Kemampuan untuk memahami konsep-konsep  dalam berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Problem hari ini semakin kompleks untuk dipecahkan dengan hanya mengandalkan satu disiplin ilmu saja. Masalah-masalah saat ini perlu diatasi dengan pendekatan berbagai disiplin ilmu. Kondisi ini akan menggeser paradigma dari kemampuan individu menjadi kemampuan organisasi atau teamwork.

 

  1. Design Mindset

Kemampuan untuk mengembangkan pola pikir dalam merancang suatu konsep. Pola pikir yang dikembangkan secara terus menerus ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menyelesaikan masalah.

 

  1. Cognitive Load Management

Kemampuan untuk memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan untuk memahami bagaimana memaksimalkan fungsi kognitif menggunakan berbagai variasi tools dan teknik.

 

Ditengah ledakan informasi, keterampilan ini sangat dibutuhkan agar perhatian seseorang tidak terbebani dengan sesuatu yang bukan menjadi fokusnya.

 

Orang yang tidak memiliki kemampuan mengelola beban tugasnya akan merasa letih sendiri. Karena banyak informasi yang tidak berguna dan tidak relevan bagi dirinya yang tanpa sengaja ia masukkan menjadi beban dalam pikiran.

 

  1. Virtual Collaboration

Virtual Collaboration adalah kemampuan untuk bekerjasama dalam sebuah tim secara virtual. Kamu harus punya kemampuan menggerakkan tim kamu, membuat mereka memiliki komitmen untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka dan semua itu dilakukan secara virtual. Para anggota tim tidak lagi duduk secara riil di satu tempat, tapi masing-masing bekerja secara di tempat terpisah oleh jarak namun tetap terkoneksi secara virtual.

 

Skill ini tidak bisa tidak sudah menjadi tuntutan bagi setiap profesional saat ini di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Demikianlah 10 Skill yang perlu kamu kuasai. Kalau kamu ingin menguasai kesepuluh skill diatas, setidaknya kamu perlu memiliki komunitas orang-orang yang berpikiran positif dan terlatih secara produktif.

 

 

 

 

 

 

TAGS:
Facebook